braces5

7 Cara Mengajak Anak ke Dokter Gigi Dijamin Berhasil

Kesehatan Gigi – Dokter adalah kata yang menakutkan bagi anak-anak. Mereka pasti terbayang oleh suntik dan obat. Apalagi jika mendengar kata dokter gigi, maka akan membuat anak lebih ketakutan lagi, sebab anak membayangkan alat dokter gigi yang berbunyi seperti bor.

Oleh karena  itu tentunya mengajak anak ke dokter akan menjadi sangat sulit sehingga membutuhkan kiat khusus dalam mengajak anak ke dokter gigi. Di bawah ini merupakan beragam cara untuk mengajak anak ke dokter gigi.

Panduan Tips Berhasil Mengajak Anak ke Dokter Gigi

1. Kenalkan klinik gigi sedini mungkin
Ajaklah anak anda ke  klinik gigi sedini mungkin. Paling lama usia sekitar dua tahun. Walaupun terdengar usia tersebut masih sangat muda, namun jika anda mengenalkannya sedini mungkin akan membuat mereka terbiasa dan menjadikan klinik gigi menjadi tempat yang tidak asing bagi mereka.

2. Role Model
Jadilah role model atau contoh untuk anak anda. Misalnya jika ia perlu dicabut giginya, maka berpura-puralah gigi anda juga ingin dicabut. Sehingga sebaiknya anda juga duduk di kursi pasien sebelum anak anda mulai diberi treatment.

3. Bawalah Mainan Favoritnya
Bawalah mainan favorit anak anda jika ingin ke dokter gigi. Agar jika mereka merasa takut maka tentunya ketakutan mereka teralihkan oleh mainan favorit yang anda bawa.

4. Jangan Berikan janji Apapun
Jangan biasakan untuk memberikan janji-janji kepada anak anda agar ia mau ke dokter gigi. Dengan cara seperti itu akan membuat anak anda mengenali pola janji anda, bahkan mendidik anak anda untuk menerima sogokan.

5. Temanilah Anak Anda Saat ke Dokter Gigi
Berikanlah waktu khusus untuk menemani anak Anda saat melakukan kunjungan rutin ke dokter gigi. Anak-anak umumnya akan lebih tenang jika yang menemani mereka adalah orang tuanya sendiri.

6. Jangan Membohongi Anak
Ada baiknya anda mengatakan sejujurnya bahwa pencabutan gigi akan menimbulkan sedikit rasa tidak nyaman. Bila Anda berbohong dikhawatirkan kepercayaan anak terhadap Anda dan dokter gigi menjadi hilang. Tugas Andalah untuk menumbuhkan kepercayaan dan meringankan kekhawatiran si kecil sekaligus mengajaknya berpikir logis.

7. Kunjungi Dokter Gigi Anak
Carilah dokter gigi yang bisa menangani anak-anak. Sebab mereka akan memiliki metode tertentu dalam mengatasi ketakutan anak ke dokter gigi. Selain itu anda juga bisa menemukan dekorasi yang tepat agar anak anda tertarik.

JetZ Dental Aesthetic Clinic salah satu dental clinic yang bisa menjadi referensi bagi perawatan kesehatan gigi anak anda. Selain karena tempatnya yang luas, ruang perawatan nyaman, dan ditangani oleh dokter-dokter yang profesional dan berpengalaman.

Drg David Andreasmito – Jetz Dental